Permasalahan Air Limbah, Air Limbah Domestik dan Peraturan Mengenai Terupdate

Persoalan mengenai air buangan yang dikenal dengan nama air limbah cukup menarik untuk diamati. Sebelumnya pemerintah memiliki PP no 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air, yang merupakan peraturan untuk membatalkan PP No. 20 tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air.

Pada PP no 82/2001 klasifikasi mutu air ditetapkan menjadi 4 kelas yaitu kelas satu untuk air baku air minum, kelas dua untuk air bagi prasarana rekreasi air; ikan tawar; peternakan dan pertanaman, kelas tiga seperti halnya kelas dua selain prasarana rekreasi, serta kelas empat untuk mengairi pertanaman.

Terbitnya peraturan yang spesifik mengenai air limbah yaitu Permen No. 5/2014 kemudian mengelompokkan 48 jenis industri. Bagaimanapun peraturan ini sudah cukup detail  memberikan panduan perhitungan  beban pencemaran dari suatu kegiatan sehingga memudahkan melihat sejauh mana tingkat pencemaran dari suatu kegiatan tertentu.

Namun dalam hal ini, ada pemikiran mengenai baku mutu air limbah dari kegiatan perhotelan, kegiatan pelayanan kesehatan dan limbah kegiatan domestik yang seharusnya dipisahkan dan dijadikan baku mutu limbah domestik.

Permen no. 68/2016 tentang baku mutu domestik, diterbitkan dengan menimbang bahwa air limbah domestik yang dihasilkan dari skala rumah tangga dan kegiatan berpotensi mencemari lingkungan tersebut perlu dilakukan pengolahan air limbah sebelum di buang ke media lingkungan.

Dengan terbitnya permen ini, otomatis keputusan menteri no 112/2003 tentang baku mutu air limbah domestik dinyatakan dicabut, dan permen 5/2014 lampiran XLIII untuk usaha perhotelan dan XLIV tentang pelayanan kesehatan dan lampiran XLVI tentang baku mutu air limbah untuk kegiatan domestik tidak berlaku lagi.

Ada beberapa parameter yang nilainya lebih diketatkan untuk kegiatan domestik, sekaligus meringankan untuk industri perhotelan dan pelayanan kesehatan seperti BOD dan kandungan minyak. tetapi lebih strict untuk kandungan coliform.

Bagi perusahaan yang tertarik untuk mengadakan kajian mengenai pengelolaan air limbah, dapat menghubungi PT Ibantos Teknologi Hijau atau via email ke info.teknologihijau@gmail.com di cc ke  info@ibantos.co.id. [IMR]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s