Pengelolaan Sampah di Indonesia

Salah satu permasalah nasional yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan hidup yang sehat adalah sampah. Kehidupan yang sehat serta lingkungan hidup yang baik merupakan hak asasi bagi setiap warga negara Indonesia dan hal ini dijamin oleh Undang-undang dasar 1945 dalam pasal 28H. Pemerintah selaku penyelenggara negara atau penyedia layanan publik menjamin terselenggaranya pengelolaan sampah yang baik dan berwawasan lingkungan. Sebagaimana tugas dan tanggung jawab yang tertuang dalam UU No.18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Meskipun demikian, tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan hidup yang baik dan sehat seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya oleh penyelenggara negara atau dalam hal ini adalah pemerintah semata (pusat maupun daerah). Belum mengakarnya tanggung jawab bersama dalam pengelolaan sampah menyebabkan pasifnya masyarakat dalam pengelolaan sampah, dan cenderung menyerahkan sepenuhnya kepada penyelenggara negara.

Pengelolaan sampah di Indonesia saat ini masih menggunakan pendekatan end-of-pipe, dengan melakukan pengumpulan, pengangkutan, dan pembuangan akhir. Pada praktiknya pendekatan end-of-pipe hanya melibatkan masyarakat dalam “aktivitas membuang sampah” belum kepada pengelolaan secara komprehensif. Padahal bila sampah dikelola secara baik dapat menjadi suatu sumberdaya tersendiri. Hal ini terkait dengan pandangan masyarakat yang memandang sampah sebagai objek atau material yang sudah tidak berguna dan tidak lagi dapat digunakan. Pemerintah berusaha untuk mengarahkan masyarakat untuk mengelola sampah secara komprehensif yakni semenjak sebelum dihasilkan sebuah produk yang berpotensi menjadi sampah hingga produk tersebut telah digunakan dan menjadi sampah, lalu dapat dikembalikan atau dibuang ke lingkungan secara aman. Pendekatan yang digunakan saat ini dalam pengelolaan sampah adalah dengan melakukan pengurangan dan penanganan sampah.

Kegiatan “Pengurangan Sampah” dibagi dalam 3 kegiatan yakni: 1) Pembatasan timbulan sampah; 2) Daur ulang sampah; 3) pemanfaatan kembali sampah; atau lebih dikenal dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kemudian pendekatan selanjutnya adalah dengan melakukan “Penanganan Sampah” yang diuraikan mejadi 5 kegiatan, yakni: 1) Pemilahan; 2) Pengumpulan; 3) Pengangkutan; 4) Pengolahan; 5) Pemrosesan akhir sampah.

Setiap pemilik atau pengelola fasilitas umum atau ruang publik di wajibkan menyediakan fasilitas untuk mendukung pengelolaan sampah, mulai dari fasilitas pemilahan sampah atau mengelola secara mandiri sampah yang ada dengan menerapkan prinsip pengurangan dan penanganan sampah sebagaimana termaktub dalam UU no.18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

Permasalahan lingkungan mengenai sampah akan terus meningkat manakala kesadaran dan tanggungjawab terhadap pengelolaan sampah oleh masing-masing individu sangat minim. Pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya oleh pemerintah, melainkan juga individu per individu. Bertambahnya populasi manusia setiap tahunnya menambah jumlah konsumsi barang dan jasa yang juga berimbas kepada bertambahnya volume sampah.

PT Ibantos Teknologi Hijau sebagai salah satu lembaga yang bergerak di bidang lingkungan turut serta dalam pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan, dalam bentuk pendampingan instansi atau perusahaan dalam pengelolaan sampah, inovasi teknologi, serta pemanfaatan sampah. Sehingga dapat mengurangi sedikitnya permasalahan sampah yang ada di Indonesia, dan hal ini tentu mendukung terciptanya kualitas lingkungan yang baik dan sehat sebagaimana diamanatkan dalam UU no. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s